PENDEKATAN POSITIVE DEVIANCE DALAM PENGGUNAAN KONDOM
SEBAGAI ALAT KONTRASEPSI IDEAL

Nurfadhilah, Dwidjo Susilo, Triana Srisantyorini

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universitas Muhammadiyah Jakarta


 Latar Belakang

Kondom merupakan alat kontrasepsi ideal karena efektivitasnya yang tinggi dan tanpa efek samping namun penggunaannya di Indonesia sangat rendah.
 

 Tujuan

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang perilaku spesifik yang dijalankan suami dan istri yang berhasil dalam penggunaan kondom. Target khusus yang akan dicapai yaitu peningkatan peran laki-laki untuk menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi. Kondom yang dimaksud ialah kondom laki-laki.
 

 Metode

Metode yang dipakai ialah pendekatan kualitatif, yaitu studi fenomenologi. Pengumpulan data awal dilakukan terhadap 162 orang yang 16 di antaranya merupakan pengguna kondom secara konsisten paling sedikit dalam 8 bulan terakhir. Selanjutnya dilakukan juga FGD terhadap kelompok istri pengguna, istri non pengguna, dan suami/non pengguna kondom; dan WM terhadap ketiga kelompok informan.
 

 Hasil

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sesuai dengan Theory of Reasoned Action, keberhasilan penggunaan kondom lebih banyak dikarenakan niat berperilaku menggunakan kondom tinggi. Factor internal yang mempengaruhinya ialah sikap suami terhadap perilaku penggunaan kondom positif dan factor eksternal yaitu norma social yang dipersepsi positif (dukungan istri dan anjuran petugas kesehatan).
 

 Kesimpulan

Pengggunaan kondom pada praktiknya tidak sulit karena petunjuk pemakaian jelas tertera pada kemasannya, motivasi suami dan dukungan social cukup berperan dalam hal ini.
 

 Saran

Selanjutnya dibutuhkan kerja keras untuk melakukan edukasi kepada pasangan, baik yang baru maupun yang sudah lama menikah, bahkan jika diperlukan juga kepada calon pengantin tentang berbagai pilihan alkon dan pilihan bijaksana untuk menggunakannya. Peran petugas kesehatan juga diperlukan untuk dapat memberikan informasi yang komprehensif tentang penggunaan berbagai jenis alkon, manfaat dan kemungkinan efek yang ditimbulkannya.

Kata Kunci : kesehatan reproduksi, alat kontrasepsi, kondom

Powerpoint